Sunday, May 8, 2016

Kompas Edisi Minggu 8 Mei 2016

Kompas Edisi Minggu 8 Mei 2016

Kehidupan

Ritus Bali dalam Gedoran Industri


Bali selalu memiliki jalan pulang menuju kesejatiannya. Industri pariwisata yang mengomodifikasi seni ritual tidak asal ditolak. Tradisi secara lentur mencari bentuk baru tanpa kehilangan asal-usul. Oleh sebab itu, seni ritus bisa berdampingan dengan seni komersial.

Sejak buku Gregor Krause, Bali 1912, diterbitkan pertama kali di Eropa pada 1920, Bali mendunia. Babak berikutnya, tradisi dan ritual disesap industri pariwisata dan kian terkomodifikasi. Namun, Bali tak pernah menyerah, ritus-ritus di pura tanpa pernah kehilangan makna, tetap menjadi energi pulau ini. Para penari selalu menjalani laku ngayah, mempersembahkan tarian terbaik ke hadapan para dewata.

Lautan manusia berbaju putih memusar di Pura Samuan Tiga, Minggu (24/4). Pura bersejarah di Desa Pakraman Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, itu melanjutkan prosesi panjang upacara Panca Wali Krama Kahyangan Jagad Pura Samuan Tiga.


KEKERASAN SEKSUAL

Bentuk Satuan Tugas Perlindungan Anak


REJANG LEBONG, KOMPAS — Komisi Nasional Perlindungan Anak mendesak pemerintah daerah untuk segera membentuk satuan tugas perlindungan anak. Keberadaan satuan tugas ini dinilai dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual pada anak.

Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi, Sabtu (7/5), mengatakan, masih banyak orang yang tidak peduli terhadap kekerasan seksual yang terjadi di sekitarnya. ”Banyak orang yang cuek dan tidak tahu. Mereka menganggap hal itu adalah wilayah domestik dan menjadi urusan pribadi,” ujarnya seusai mengunjungi keluarga YY di Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Pada awal bulan lalu, YY (14), siswi sekolah menengah pertama di Padang Ulak Tanding, diperkosa dan dibunuh 14 laki-laki, yang semuanya berumur di bawah 20 tahun. Kasus ini mengejutkan publik di Indonesia. Berbagai kalangan pun mengecam peristiwa tersebut.


LIGA INGGRIS

”Setan Merah” Berebut Tiket Liga Champions


NORWICH, SABTU — Gol di menit ke-72 oleh Juan Mata memastikan kemenangan tandang Manchester United 1-0 atas Norwich City, Sabtu (7/5), di Stadion Carrow Road, Norwich, Inggris. Ini kemenangan krusial karena menjaga peluang skuad ”Setan Merah” mengakhiri Liga Inggris musim ini di zona Liga Champions.

Manchester United (MU) kini berada di peringkat kelima dengan nilai 63, satu poin di bawah Manchester City, dan terpaut empat poin dari peringkat tiga Arsenal. Posisi tiga besar lolos otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan, dan peringkat empat melalui kualifikasi.

”Ya, ini sangat penting karena kami masih berada dalam persaingan dan kami tetap bersaing dengan terus menekan para pesaing kami. Ini sangat penting. Saya sangat senang. Ini bukan kemenangan mudah karena Norwich berjuang lepas dari degradasi dan kami harus menang karena kami telah kehilangan dua poin melawan Leicester (imbang 1-1 di pekan ke-35). Sekarang kami masih dalam persaingan (ke Liga Champions),” ujar Manajer MU Louis Van Gaal.