Saturday, December 19, 2015

Kompas Edisi Sabtu 19 Desember 2015

Kompas Edisi Sabtu 19 Desember 2015

Lino Jadi Tersangka di KPK

Polri Juga Teruskan Penyidikan


JAKARTA, KOMPAS — Menjelang akhir masa tugasnya, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan quay container crane di Pelindo II pada tahun 2010.

KPK mengumumkan Lino sebagai tersangka pada Jumat (18/12). Namun, surat perintah penyidikan dengan tersangka Lino dikeluarkan KPK pada 15 Desember, atau satu hari sebelum Adnan Pandu Praja dan Zulkarnain mengakhiri jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK periode 2011-2015.

Sementara itu, tiga pelaksana tugas pimpinan KPK, yaitu Taufiequrachman Ruki, Johan Budi SP, dan Indriyanto Seno Adji, akan mengakhiri tugasnya pada Senin (21/12). Hari itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik lima unsur pimpinan baru KPK.


TRANSPORTASI

Model Bisnis Berbasis Aplikasi Perlu Ditata


JAKARTA, KOMPAS — Keberadaan layanan ojek berbasis aplikasi internet masih diperlukan masyarakat. Perlu dibuat aturan transisi hingga tersedia transportasi umum yang lebih baik.

"Yang namanya ojek ini hadir karena dibutuhkan masyarakat. Itu yang harus digarisbawahi dulu. Oleh sebab itu, jangan karena adanya sebuah aturan, (lantas) ada yang dirugikan, ada yang menderita," kata Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12), saat dimintai tanggapan soal larangan dari Kementerian Perhubungan tentang angkutan berbasis aplikasi.

Presiden berpandangan, angkutan berbasis aplikasi yang dibuat anak-anak muda ditujukan untuk menghadirkan inovasi. Pemerintah tidak boleh menghambat inovasi itu.


"STAR WARS"

Memasarkan Kreasi Memori


Bermula dari film, Star Wars menjadi waralaba besar yang juga mencakup aneka produk animasi, mainan, gim, bahkan lini mode penuh gaya. Lebih dari itu, Star Wars, bagi jutaan penggemarnya, adalah koleksi memori.

”Nderek mangayubagyo…”. Ungkapan bahasa Jawa yang berarti ’turut menyambut’ itu dituliskan Nugroho (39) menyertai foto profilnya pada akun Facebook yang bertanda khusus: terbelah oleh pendar cahaya lightsaber, pedang cahaya kesatria Jedi di jagat Star Wars.

Tanpa kata-kata, foto bertanda itu sudah menunjukkan identitas pencinta Star Wars. Fasilitas filter foto ini dibuat Facebook untuk para penggemar sekuel film tersebut menjelang rilis film Star Wars: The Force Awakens, pekan ini.