Tuesday, March 1, 2016

Kompas Edisi Selasa 1 Maret 2016

Kompas Edisi Selasa 1 Maret 2016

Penertiban Damai Diapresiasi

Ruang Terbuka Hijau Bertambah


JAKARTA, KOMPAS — Meski sempat diwarnai penolakan sebagian warga, pembongkaran kawasan Kalijodo di Jakarta, Senin (29/2), berjalan lancar. Berbagai pihak mengapresiasi kelancaran penertiban ini. Namun, ada sejumlah potensi masalah lanjutan yang perlu dituntaskan.

INDEKS NEGARA RAPUH

Integrasi Nasional Menjadi Tantangan


JAKARTA, KOMPAS — Keberagaman merupakan fondasi bangsa yang harus dijaga, dilindungi, dan dikelola. Persoalan yang dapat mengancam integrasi nasional itu menjadi catatan penting kinerja pemerintah di era reformasi hingga saat ini.

"Salah satu kegagalan pemerintah pasca Orde Baru adalah mengelola keberagaman. Minoritas terlanggar haknya, bahkan di beberapa kasus harus terusir dari kampung halamannya. Padahal, konstitusi menjamin hak minoritas," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syamsuddin Haris, Senin (29/2).

Pengelolaan keberagaman menjadi catatan penting saat melihat indeks yang dikeluarkan Fragile State Index terhadap Indonesia sepanjang 2005-2014. Secara umum, indeks Indonesia membaik dari 89,2 pada 2005 menjadi 75 pada tahun 2015. Semakin kecil nilai indeks, sebuah negara semakin tahan menghadapi tekanan yang bisa membuatnya ambruk.

OSCAR 2016

Persembahan DiCaprio bagi Kemanusiaan


Piala Oscar pertama aktor Leonardo DiCaprio yang diraihnya dalam perhelatan Academy Awards Ke-88 ?tak hanya disambut hadirin di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (28/2) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB. Melalui berbagai platform media sosial, warga dunia juga menyambut pencapaian penting DiCaprio itu.

 Oscar diraih DiCaprio lewat perannya sebagai Hugh Glass dalam film The Revenant. Meskipun sebelumnya telah diganjar aktor terbaik di beberapa festival, termasuk Golden Globe, anugerah Oscar tetap menjadi pencapaian yang membanggakan bagi DiCaprio. Anugerah Oscar untuk aktor terbaik itu pun dipersembahkan DiCaprio bagi kemanusiaan.

Pidato DiCaprio mengenai perubahan iklim dan kemanusiaan menyulut tepuk tangan riuh. Ia menekankan, perubahan iklim adalah nyata, dan hal itu sedang terjadi.