Monday, March 7, 2016

Kompas Edisi Senin 7 Maret 2016

Kompas Edisi Senin 7 Maret 2016

Indonesia Sambut Gerhana

Awan dan Hujan Menghantui Pengamatan


JAKARTA, KOMPAS — Gerhana matahari total pertama kali pada abad ke-21 yang akan terjadi 9 Maret 2016 di wilayah Indonesia mendapat sambutan luar biasa masyarakat di sejumlah daerah. Beragam perhelatan budaya digelar. Arus wisatawan ke daerah lintasan GMT juga deras.

 ”Mari, semua warga di Indonesia menyaksikan keindahan gerhana matahari,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin di Jakarta, Minggu (6/3).

Mulai dari Kepulauan Pagai, Sumatera Barat, ke arah timur hingga Halmahera, Maluku Utara, adalah daerah yang berada di jalur totalitas gerhana. Sinar matahari yang terang pada pagi hari akan hilang sesaat. Bumi pun gelap kembali. Sementara yang berada di jalur di luar totalitas gerhana akan menyaksikan matahari berubah wujud seperti sabit.


KTT LUAR BIASA OKI

RI Dorong Proses Kolektif untuk Kemerdekaan Palestina


JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah Republik Indonesia mendukung upaya penyelesaian konflik Palestina-Israel melalui proses kolektif dalam konferensi perdamaian internasional. Presiden Joko Widodo menyatakan tekad Indonesia mendukung penuh dan terus berpartisipasi dalam konferensi itu demi tercapainya kemerdekaan Palestina.

 Penegasan itu dikatakan Presiden Jokowi dalam pertemuan terpisah dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Pangeran El-Hassan bin Talal dari Jordania di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (6/3).

Dalam pertemuan dengan Abbas, Jokowi menyebut Indonesia ”saudara dekat” Palestina. Ia menyampaikan dukungan Indonesia atas terobosan inisiatif Palestina menggelar konferensi perdamaian internasional.