Thursday, March 24, 2016

Kompas Edisi Kamis 24 Maret 2016

Kompas Edisi Kamis 24 Maret 2016

Masa Transisi Diberlakukan

Uber dan Grab Hanya Menjadi Penyedia Teknologi


JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah memutuskan segera memberlakukan masa transisi bagi angkutan berbasis aplikasi. Selama masa transisi, angkutan tersebut dalam posisi status quo, yakni diizinkan tetap beroperasi dengan armada yang ada, tetapi dilarang menambah armada.

Keputusan itu diambil dalam rapat koordinasi antar-instansi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/3). Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam itu hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo, serta Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah.

Meski demikian, masa transisi itu belum ditentukan jangka waktunya. Sugihardjo mengatakan, penentuan durasi masa transisi akan diputuskan setelah rapat koordinasi di Kantor Menko Polhukam, Kamis (24/3) ini.


TEROR DI BRUSSELS

Laachraoui, Tersangka Utama, Masih Dikejar


BRUSSELS, RABU — Otoritas keamanan Belgia, Rabu (23/3), menyatakan masih mengejar Najim Laachraoui yang diidentifikasi sebagai tersangka utama serangan bom di Brussels, Selasa pagi lalu. Sebelumnya, Laachraoui diidentifikasi dari rekaman kamera pemantau (CCTV) berjalan di Bandara Zaventem bersama dua tersangka lainnya-yang salah satunya adalah Bahrim el-Bakharoui-yang diduga kuat tewas meledakkan diri.

Adapun saudara kandung Bahrim, Khalid el-Bakharoui, meledakkan bom bunuh diri di stasiun metro Maelbeek.

Sebelumnya, Rabu, sejumlah media Belgia melaporkan, Laachraoui telah ditangkap. Media-media tersebut mengutip sumber anonim di departemen kehakiman. Harian La Derniere Heure, misalnya, melaporkan, Laachraoui ditangkap di Anderlecht dalam sebuah penggerebekan polisi anti teror.



PARIWISATA

Sihir Ubud di Mata Wisatawan Dunia


Film Eat, Pray, Love (2010) yang dibintangi aktris tenar Hollywood, Julia Roberts, hanya satu dari sederet kesan mendalam tentang Ubud. Desa internasional di Kabupaten Gianyar, Bali, itu telah menjelma menjadi destinasi wisata yang menyatukan segala kerinduan manusia terhadap alam dan lingkungan kulturalnya.

Dalam laman situs TripAdvisor, Ubud terpilih sebagai satu dari 10 destinasi terbaik di Asia dan dunia tahun 2016. Agen perjalanan ini melakukan penilaian destinasi-destinasi terbaik di dunia berdasarkan pilihan wisatawan.

Survei dilakukan selama 12 bulan. Substansi nilai meliputi perhitungan kuantitas serta kualitas ulasan dan peringkat hotel, serta restoran di seluruh destinasi dunia. TripAdvisor menamakan penghargaan itu dengan "The Travellers Choice Destination".