Saturday, January 2, 2016

Kompas Edisi Sabtu 2 Januari 2016

Kompas Edisi Sabtu 2 Januari 2016

Kemeriahan Songsong Tahun Baru

Masyarakat Larut dalam Perayaan


JAKARTA, KOMPAS — Perayaan Tahun Baru 2016 yang dikemas dalam berbagai acara berlangsung meriah di sejumlah daerah di Indonesia. Kemeriahan pesta masyarakat dari berbagai kalangan ini diharapkan menjadi indikator bahwa perekonomian kembali menggeliat.

Di Jakarta, pesta perayaan Tahun Baru dipusatkan di Ancol Taman Impian yang baru usai pada Jumat (1/1) sekitar pukul 02.00, menghadirkan sejumlah artis ternama. Berdasarkan catatan PT Pembangunan Jaya Ancol, jumlah pengunjung yang masuk pada malam Tahun Baru sekitar 210.000 orang.

Pusat kepadatan pengunjung terjadi di Pantai Karnaval. Di sana, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyapa warga pada pukul 23.45. Basuki hadir bersama Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, dan sejumlah kepala dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


PENGEMBANGAN EKONOMI

Raja Ampat untuk Wisata Eksklusif


RAJA AMPAT, KOMPAS — Pemerintah memproyeksikan kawasan wisata Raja Ampat, Papua Barat, sebagai tempat wisata eksklusif. Kawasan wisata ini dikembangkan untuk segmen pasar terbatas. Selain untuk menjaga keasrian lingkungan setempat, pengembangan wisata Raja Ampat juga menjadi lebih fokus.

Presiden Joko Widodo menilai pengembangan itu akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia bagian timur. "Pemerintah akan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan. Ada tiga hal besar yang harus disiapkan, yaitu perpanjangan landasan pacu dan perbaikan terminal Bandara Marinda, pembangunan dermaga, dan pengadaan kapal untuk akses antarpulau," kata Presiden Jokowi saat menikmati matahari terbit Tahun Baru 2016 di dermaga Pantai Waiwo, Raja Ampat, Jumat (1/1).

Menurut Presiden, fasilitas yang dimaksud sangat dibutuhkan untuk pengembangan wisata Raja Ampat yang berkelas. Pengadaan kapal baru, misalnya, dapat memangkas biaya wisatawan yang ingin berkeliling Raja Ampat. Lantaran keterbatasan sarana kapal, biaya keliling kawasan itu Rp 30 juta. Biaya itu untuk paket perjalanan 11 hari dengan jumlah lima orang di luar paket menyelam.


PERAYAAN TAHUN BARU

Menyambut dari Balik Tenda...


Tahun Baru 2016 disambut penuh semangat oleh semua lapisan masyarakat. Tak hanya warga Ibu Kota yang pergi berlibur, warga luar kota pun memadati Jakarta untuk liburan. Mereka mendirikan tenda menanti datangnya pergantian tahun 2015 ke 2016 di pantai Ancol, Jakarta Utara, sejak Kamis (31/12) hingga Jumat (1/1).

Hangatnya cuaca pesisir di utara Jakarta dinikmati betul oleh Gorat dan keluarga yang datang dari Magelang, Jawa Tengah, yang memiliki iklim sejuk. Bersama istri, dua anak, dan dua keponakan, Gorat mendirikan dua tenda di Pantai Beach Pool, Ancol Taman Impian, Kamis pagi.

Dua tenda itu berdiri di antara deretan tenda yang sudah didirikan lebih dahulu oleh sebagian pengunjung Ancol yang berniat menyambut Tahun Baru di sana. Ada lebih dari 100 tenda berdiri di Pantai Beach Pool dan Pantai Lagoon, pantai lain di Ancol.