Friday, April 22, 2016

Kompas Edisi Sabtu 23 April 2016

Kompas Edisi Sabtu 23 April 2016

Suap Peradilan Persoalan Sistemik

Tiga Tas Berisi Uang Dollar Disita


JAKARTA, KOMPAS — Dugaan suap terhadap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Edy Nasution, yang menyeret nama Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi, menandakan ada persoalan sistemik di lembaga peradilan. Persoalan itu tidak lepas dari lambannya pembenahan tata kelola peradilan.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, di Jakarta, Jumat (22/4), mengatakan, penangkapan Edy Nasution pada Rabu (20/4) harus dipahami hingga ke persoalan mendasar. ”Jika di lembaga penegak hukum membahas soal mengapa orang korupsi kemudian ketemu sebabnya, lalu tidak diatasi, seolah kita kembali ke zaman Orde Baru,” katanya.

Edy bukan orang pertama yang ditangkap KPK terkait korupsi yang melibatkan aparatur di lembaga peradilan.


PERBURUAN BURON

Momentum Bangun Hubungan Khusus


JAKARTA, KOMPAS — Pemulangan buron Bantuan Likuiditas Bank Indonesia, Samadikun Hartono, dan tersangka kasus Bank Century, Hartawan Aluwi, menunjukkan adanya sikap kooperatif dari sejumlah negara terhadap perburuan buron yang dilakukan pemerintah. Kondisi ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk membangun hubungan khusus dengan pejabat negara lain yang jadi tempat tinggal sejumlah buron tersebut.

Sikap kooperatif itu kini, antara lain, diperlihatkan Tiongkok. "Pemerintah Tiongkok sedang gencar melakukan pemberantasan korupsi. Jadi hal-hal seperti itu menjadi perhatian serius," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat (22/4), di Jakarta.

Kepulangan Hartawan, menurut Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, juga menunjukkan bahwa Singapura telah menunjukkan sinyal hubungan yang positif.


PENYEDIA JASA

Allbenear dan SinTask, Aplikasi dari Bali


Mau cari makan di mana? Jual beli mobil, atau mau cari jodoh yang dekat ke mana? Semua ada dalam satu aplikasi baru Allbenear. Bahkan, urusan tugas kuliah tetap dilakukan tanpa harus bertatap muka. Dosen dan guru dimudahkan dalam memberikan tugas. Aplikasi SinTask menyediakan fasilitas itu.

Seru dan bermanfaat buat saya. Pekerjaan lancar, mau cari apa aja juga gampang dan gratis. Serunya, ada fitur mencari jodoh terdekat. Ini hal baru buat saya sebagai pengguna jasa-jasa online,” kata Puji Astuti (25), pebisnis yang memanfaatkan aplikasi Allbenear, Rabu (13/4).

Ia tak menyangka pencetusnya anak muda dari Bali. Bagi Puji, kreativitas dan inovasi itu patut diapresiasi di tengah masyarakat yang maunya praktis, ekonomis dengan memanfaatkan telepon pintar.