Thursday, April 7, 2016

Kompas Edisi Kamis 7 April 2016

Kompas Edisi Kamis 7 April 2016

Data Kemenkeu Lebih Lengkap

Media yang Ikut Investigasi Dokumen Panama Diretas


TOBELO, KOMPAS — Data mengenai investasi dan dana warga negara Indonesia di luar negeri yang dimiliki Kementerian Keuangan atau Kemenkeu lebih lengkap dibandingkan dengan data ”Panama Papers”. Dokumen ini hanya mempertegas data yang sudah dipegang pemerintah.

 Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan mengumumkan hasil final yang terkait data yang ada di Dokumen Panama. Hal tersebut akan dilakukan jika semua sudah selesai.

”Nanti akan saya sampaikan kalau sudah final. Semuanya ini, kan, menyangkut (RUU) Pengampunan Pajak. Nanti setelah itu kami umumkan,” kata Presiden menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela kunjungan kerja di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (6/4).


PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Jalur KA Papua Dimulai Tahun Ini


TOBELO, KOMPAS — Presiden Joko Widodo meresmikan lima pelabuhan di Indonesia bagian timur yang dipusatkan di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (6/4). Kegiatan ini semakin melengkapi infrastruktur transportasi di Indonesia bagian timur. Bahkan, pada semester dua tahun ini, jalur kereta api di Papua akan mulai dibangun.

Kemarin, di Tobelo, Presiden Joko Widodo meresmikan dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tobelo dan Pelabuhan Galela yang mulai dibangun pada 2006 dan selesai pada 2015. Sementara di Provinsi Maluku, infrastruktur yang diresmikan adalah Pelabuhan Tutu, Pelabuhan Wonreli, dan Pelabuhan Pulau Teor.

Sehari sebelumnya, Presiden meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Presiden juga meresmikan delapan pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang dibangun di Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.


FESTIVAL PESONA TAMBORA 2016

Mengungkap Pesona Lombok-Sumbawa


Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan harian Kompas kembali bekerja sama menggelar kegiatan dengan magnet Gunung Tambora di Pulau Sumbawa. Kegiatan bertajuk ”Festival Pesona Tambora 2016” ini merupakan kelanjutan program Tambora Menyapa Dunia 2015 yang digelar untuk memperingati 200 tahun letusan Gunung Tambora.

Kegiatan Tambora Menyapa Dunia 2015 yang juga menjadi pintu masuk untuk mempromosikan pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mendapatkan apresiasi Presiden Joko Widodo. Saat memberikan sambutan pada puncak kegiatan itu di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, 11 April 2015, Presiden meminta agar kegiatan itu dijadikan agenda tahunan.

Gayung pun bersambut. Pemprov NTB juga tengah gencar mempromosikan potensi wisatanya agar tidak sekadar mendapat limpahan wisatawan dari Pulau Bali. Dari segi potensi alam untuk pariwisata, NTB tidak kalah dengan Bali. Pantai indah dengan laut biru dan pasir putih yang menjadi magnet kunjungan wisatawan, misalnya, bertebaran di Pulau Lombok dan Sumbawa, dua pulau utama di NTB.