Friday, July 29, 2016

Kompas Edisi Jumat 29 Juli 2016

Kompas Edisi Jumat 29 Juli 2016
Kompas Edisi Jumat 29 Juli 2016

Kucuran APBN Belum Efektif

Pengampunan Pajak Momentum Menambah Penerimaan Negara


JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah menganalisis sejumlah program yang ditujukan kepada rakyat miskin. Selama ini, anggaran telah dikucurkan, tetapi masalah kemiskinan dan ketimpangan tidak bergerak. Ke depan, program-program itu harus bisa dirasakan rakyat banyak.

 ”Bappenas akan melakukan analisis secara mendalam tentang dampak sejumlah program dan kebijakan kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro seusai serah terima jabatan dari Sofyan Djalil di Jakarta, Kamis (28/7).

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi instrumen efektif untuk menunjang pembangunan.


RAPIMNAS GOLKAR

Presiden Meminta Konsistensi Dukungan


JAKARTA, KOMPAS — Penutupan Rapat Pimpinan Nasional I Partai Golkar menjadi ajang deklarasi partai itu untuk mendukung pemerintah dan mengusung Presiden Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019. Menanggapi langkah Golkar ini, Presiden mengapresiasi dan meminta partai itu konsisten menyokong penuh program dan kebijakan pemerintah meski tidak populis.

 ”Saya meminta Golkar betul- betul konsisten mendukung pemerintah ketika ada kebijakan yang memerlukan percepatan meskipun mungkin kadang pahit dan tidak populis. Tetapi, untuk kepentingan rakyat banyak, kadang kita harus memutuskan sebuah keputusan yang sulit,” kata Presiden dalam pidato penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/7) malam.

Penutupan Rapimnas I Golkar juga dihadiri sejumlah elite politik. Mereka antara lain presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, presiden ketiga RI BJ Habibie yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Ketua MPR yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Turut hadir juga sejumlah pemimpin partai politik pendukung pemerintah dan sejumlah menteri anggota Kabinet Kerja.


Pengasuhan

Para Pemberi Harapan Anak-anak Telantar


Sejumlah lembaga berusaha untuk menggantikan posisi orangtua dalam memberi kasih sayang kepada anak-anak telantar. Mereka berupaya sekeras mungkin memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan anak-anak.

Matahari bersinar cerah pada Kamis pekan lalu. Meskipun demikian, udara di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, tidak terasa panas. Udara malah terasa sejuk karena angin berembus sepoi-sepoi.

Suara tawa anak-anak terdengar dari teras Yayasan Sayap Ibu (YSI) cabang Banten. Di bawah teduhnya atap, berjejer meja dan kursi berwarna-warni. Delapan anak duduk menghadap piring berisi nasi dan lauk-pauk.