Saturday, July 2, 2016

Kompas Edisi Sabtu 2 Juli 2016

Kompas Edisi Sabtu 2 Juli 2016
Kompas Edisi Sabtu 2 Juli 2016

Kemacetan Bisa Lebih Parah

Pengguna "E-Toll" Dapat Diskon


BREBES, KOMPAS — Kemacetan parah telah terjadi di jalur mudik, Jumat (1/7), meskipun arus mudik belum mencapai puncaknya. Karena itu, kemacetan lalu lintas diprediksi bisa lebih parah saat puncak arus mudik pada Sabtu dan Minggu ini.

 Sepanjang Jumat, kemacetan parah terjadi di beberapa titik, antara lain menjelang Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, GT Palimanan, dan GT Brebes Timur.

Di GT Cikarang Utama, kemacetan pada Jumat malam mencapai 5 kilometer. Di GT Palimanan, pada Jumat pagi kemacetan hingga 13 km dan berangsur-angsur lancar pada Jumat siang. Adapun di GT Brebes Timur, kemacetan paling parah karena antrean kendaraan memanjang sekitar 19 km menjelang malam.


PEMALSUAN VAKSIN

Fasilitas Kesehatan Terduga Bertambah


JAKARTA, KOMPAS — Kasus vaksin palsu terus bergulir. Badan Pengawas Obat dan Makanan mengumumkan, jumlah fasilitas kesehatan yang pengadaan vaksinnya dari pemasok tidak resmi bertambah dari 28 menjadi 37 fasilitas, tersebar di sembilan daerah. Mayoritas adalah rumah sakit dan klinik.

"Pengawasan Badan POM di 32 provinsi masih berlangsung," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tengku Bahdar Johan Hamid di Jakarta, Jumat (1/7). Distribusi vaksin palsu sampai ke pengguna melalui jalur pemasok tidak resmi.

Sementara itu, di tingkat provinsi, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencurigai 35 dari 605 fasilitas kesehatan yang mereka periksa memiliki vaksin palsu karena pengadaan vaksinnya tanpa prosedur dan faktur pembelian yang jelas.


KEBERAGAMAN

Berbuka Puasa, Bukan Hanya Makan Bersama


Ramadhan di sejumlah daerah menjadi momentum mempererat relasi antar-umat beragama. Beragam caranya, membuat Ramadhan menjadi kian bermakna.

Waktu berbuka puasa hampir tiba. Ratusan orang terlihat berdatangan ke Wihara Bodhimanda-Sanggar Suci, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pekan lalu. Petang itu, sama seperti hari lain saat Ramadhan, umat Buddha di wihara akan membagikan makanan gratis untuk berbuka puasa.

Menu utama sore itu adalah nasi plus ayam goreng dan sambal goreng kentang. Selain itu, panitia menyiapkan makanan ringan yang diberikan setelah menu utama disajikan.