Thursday, February 18, 2016

Kompas Edisi Kamis 18 Februari 2016

Kompas Edisi Kamis 18 Februari 2016

DPR Mulai Dengar Suara Rakyat

Rapat Paripurna Terkait Revisi UU KPK Ditunda


JAKARTA, KOMPAS — Proses pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi kembali tertunda. Rapat Paripurna DPR untuk mengesahkan RUU KPK sebagai RUU inisiatif DPR yang dijadwalkan Kamis ini ditunda Selasa pekan depan.

Ini merupakan penundaan kedua. Awalnya, rapat paripurna tersebut dijadwalkan Kamis pekan lalu. Namun, rapat diputuskan ditunda pada Kamis hari ini untuk memberikan kesempatan fraksi-fraksi berpikir kembali.

Keputusan itu diambil karena dari 10 fraksi di DPR, dua fraksi, yaitu Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Fraksi Partai Demokrat, menolak revisi UU KPK. Dalam perkembangannya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera juga menolak merevisi UU KPK.


KTT ASEAN-AS

Perlu Stabilitas Lawan Terorisme


RANCHO MIRAGE, KOMPAS — Presiden Joko Widodo mengatakan, hampir semua negara di dunia menghadapi masalah yang sama, yakni adanya warga negara yang ikut bergabung dan bertempur bersama teroris di luar negeri (foreign terorist fighters/FTF). Oleh karena itu, untuk dapat melawan aksi-aksi terorisme dan menekan jumlah warga negara yang ikut bergabung dalam FTF, perlu kestabilan politik dan pemerintahan yang demokratis serta bebasnya negara dari kependudukan asing.

"Warga negara Indonesia, misalnya, ada 320 orang saat ini yang berada di Suriah. Namun, jumlah tersebut relatif kecil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang," ujar Presiden Jokowi saat memimpin sesi pembahasan mengenai terorisme dalam acara Retreat II hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat, Selasa (16/2) malam atau Rabu pagi waktu Indonesia, di Sunnylands Historic Home, Rancho Mirage, California, Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas, Sonya Hellen Sinombor.

Pertemuan itu dihadiri Presiden AS Barack Obama dan kepala negara serta pemerintahan negara-negara di Asia Tenggara yang berhimpun dalam ASEAN. Mereka berbagi pengalaman dan menyampaikan pesan-pesan serta komitmen bersama dalam tema "Protecting Peace, Prosperity and Security in the Asia Pacific".


PENATAAN KAWASAN

Jangan Hapus Riang Bocah Kalijodo


Suara anak-anak terdengar riuh dari sebuah bangunan, mengisi kekosongan pagi di Kalijodo. Lagu "Ibu Kita Kartini" menggema di dalam ruangan, lalu keluar meliuk-liuk mengikuti lorong-lorong kecil di sekitar ruangan pendidikan anak usia dini itu. Di luar, tampak mendung menggelayut.

Rivaldo (6) bernyanyi riang. Memakai baju seragam berwarna kuning, dia mengikuti irama dari sekitar 30 teman sebayanya. Berkumpul bersama teman-teman menjadi kegembiraannya, terlebih dia akan menapaki bangku sekolah dasar tiga bulan lagi.

Nelliana (26), ibu Rivaldo, mencita-citakan anaknya masuk SD pada tahun ini di dekat tempat tinggal mereka di RT 001 RW 005 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan. Akan tetapi, sepekan terakhir, Nelliana justru khawatir kehilangan tempat tinggalnya. Penyebabnya tak lain rencana pembongkaran bangunan di kawasan ini.