Friday, October 10, 2014

Kompas, Edisi, Jumat, 10 Oktober 2014

Kompas, Edisi,Jumat, 10 Oktober 2014

Letusan Sinabung

Tiga Penerbangan Batal, Belasan Ditunda


KARO, KOMPAS — Tiga penerbangan dibatalkan dan belasan penerbangan ditunda di Bandara Internasional Kualanamu, Kamis (9/10), akibat aktivitas Gunung Sinabung. Kemarin terjadi 24 kali guguran awan panas di Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pukul 00.00 hingga 18.00.

”Hingga Kamis petang masih ada pesawat yang terlambat datang,” kata Dewandono Prasetyo Nugroho dari Humas PT Angkasa Pura I di Medan, kemarin. Jarak Bandara Kualanamu sekitar 100 kilometer dari Sinabung.

Di Bandara Kualanamu, Kamis dini hari hingga subuh, petugas menyemprot landasan. Tiga pesawat Garuda Indonesia jurusan Jeddah dan dua pesawat Bombardier dibersihkan.

Masalah Bangsa Sangat Besar

Pasar Akan Merespons Positif apabila Dua Kepentingan Bertemu


JAKARTA, KOMPAS — Mereka yang terlibat dalam manuver politik perlu duduk bersama apabila ingin pasar dan pebisnis merespons positif. Masalah bangsa sangat besar dan kompleks sehingga tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu kelompok.

Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung dalam pidato peluncuran buku Pilihan Ekonomi yang Dihadapi Presiden Baru, di Jakarta, Kamis (9/10), mengatakan, bangsa Indonesia terlalu besar, terlalu majemuk, dan terlalu kompleks kalau hanya dibangun oleh satu kelompok. Dengan demikian, kerja sama semua pihak menjadi keniscayaan.

Zamannya sekarang, menurut Chairul, perlu ada kerja sama antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pemerintah tidak mungkin jalan sendiri tanpa dukungan legislatif dan yudikatif.

”Fragmentasinya sekarang sudah tidak masuk akal. Saya harus bicara karena saya tidak ada di kanan dan di kiri. Saya harus bicara sebagai anak bangsa,” kata Chairul.

Tanggul Laut

Pemerintah Terbuka untuk Dievaluasi


JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah membuka peluang evaluasi pada pembangunan tanggul laut raksasa di Teluk Jakarta pada tahap II dan III. Detail desain dimungkinkan berubah jika terbukti salah atau kurang tepat. Kini, pemerintah fokus pada penguatan dan peninggian tanggul di pesisir pantai tahap I.

”Detailnya terus diperbaiki, ditinjau, dan disesuaikan perkembangannya. Bersama dengan dimulainya tahap I ini, pemerintah juga memperbaiki hulu dan aliran sungai-sungai yang mengalir di Jakarta agar air yang masuk semakin baik,” kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak seusai mencanangkan pembangunan tanggul laut tahap I di Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (9/10).

Turut hadir Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana, serta Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Sarwo Handayani.