Thursday, June 30, 2016

Kompas Edisi Kamis 30 Juni 2016

Kompas Edisi Kamis 30 Juni 2016
Kompas Edisi Kamis 30 Juni 2016

Anggota DPR Jadi Makelar

KPK Tangkap Anggota Komisi III DPR, I Putu Sudiartana


JAKARTA, KOMPAS — Penangkapan anggota Komisi III DPR, I Putu Sudiartana, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (28/6), menandakan masih ada legislator yang menyalahgunakan kewenangannya dengan menjadi makelar proyek pemerintah yang sedang dibahas di DPR.

Putu yang bertugas di Komisi III, yang membidangi persoalan hukum, ditengarai bisa "mengatur" proyek infrastruktur senilai Rp 300 miliar yang jadi ranah Komisi V DPR. Proyek itu juga ada di Sumatera Barat, sementara Putu adalah anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat dari daerah pemilihan Bali.

Operasi tangkap tangan terhadap Putu menambah daftar panjang anggota DPR yang tertangkap karena menjadi "makelar" proyek.


MUDIK LEBARAN

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem


JAKARTA, KOMPAS — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi hujan dengan intensitas tinggi dan gelombang laut tinggi berpotensi terjadi selama puncak arus mudik. Kondisi ini berpotensi menghambat pergerakan pemudik dan moda transportasi umum, terutama pesawat dan kapal laut, selain rentan menyebabkan kecelakaan.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yunus Subagyo, di Jakarta, Rabu (29/6), mengatakan, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas tinggi terjadi hingga 4 Juli di Jawa Timur, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku Utara, dan Papua Barat.

"Hujan lebat ini biasanya disertai angin kencang dan petir. Itu yang harus diwaspadai saat mudik," katanya.


Piala Eropa 2016

Taktik Kejut Italia Terbukti Berbahaya


Ada yang ingin saya katakan sebelum membahas Piala Eropa Perancis 2016: saya menyesalkan kabar soal Lionel Messi yang tak akan lagi bermain untuk tim Argentina. Penjelasan saya tentang hal ini adalah tidak bisa begitu saja berhenti bermain untuk tim nasional pada usia 29 tahun.

 Ini tentu memalukan. Penggemar juga tak akan lagi menyaksikan Messi membela Argentina meski kehadirannya selama ini belum banyak berkontribusi untuk meraih gelar juara.

Berbicara tentang Piala Eropa, sesuatu berjalan tidak sesuai harapan saya. Kami, tim Jerman yang banyak dipuji, harus bertemu Italia di perempat final, Sabtu (2/7) lusa. Kami tak pernah beruntung melawan ”Azzurri” di kejuaraan besar. Empat tahun lalu, di semifinal Piala Eropa Polandia-Ukraina 2012, kami kalah 1-2. Kiper Oliver Kahn mengatakan waktu itu, ”Anda bisa kalah dari Italia tanpa merasakan itu (telah dikalahkan).”