Friday, September 19, 2014

Kompas, Edisi, Jumat, 19 September 2014

Kompas, Edisi, Jumat, 19 September 2014

PDI-P Siap Jadi Partai Pemerintah


JAKARTA, KOMPAS — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik yang sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional IV PDI-P, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/9). Pidato politik itu terkait perubahan haluan politik PDI-P dari partai di luar pemerintahan menjadi partai pemerintah.

Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan hal itu di Semarang, Kamis. ”Selama ini Ibu Megawati melaksanakan keputusan kongres bahwa PDI-P di luar pemerintahan. Dengan kemenangan Pak Jokowi (Joko Widodo) dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, keputusan politik kongres itu diubah. PDI-P menjadi partai pemerintah,” tutur Tjahjo.

Daftar Tunggu 20 Tahun

Kloter Pertama Haji Kalimantan Selatan Diberangkatkan


BANJARMASIN, KOMPAS — Jemaah calon haji asal Kalimantan Selatan mulai diberangkatkan melalui embarkasi Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kamis (18/9). Dari bandara itu, diberangkatkan 13 kloter dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan jemaah sekitar 4.100 orang.

”Jemaah calon haji dari Kalimantan Selatan yang bisa berangkat patut bersyukur. Sekarang ini daftar tunggu haji reguler Kalsel mencapai 20 tahun lebih,” kata Gubernur Kalsel Rudy Ariffin dalam acara pelepasan jemaah calon haji embarkasi Syamsudin Noor di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Banjarbaru, Kamis dini hari.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalsel beserta jajaran melepas keberangkatan rombongan jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Kalsel yang berasal dari Kabupaten Tabalong. Kloter pertama berjumlah 325 orang, terdiri dari 318 anggota jemaah calon haji dan 7 pendamping. Adapun jumlah jemaah calon haji Kalsel tahun ini sebanyak 3.050 orang.


Ulangi Memori Indah 1986

Korea Utara Melaju ke Babak 16 Besar, Posisi Iran Terancam

INCHEON, KOMPAS — Tim sepak bola Indonesia U-23 melaju ke babak 16 besar Asian Games 2014 setelah menang 4-0 atas Maladewa di Stadion Sungui Arena Park, Incheon, Korea Selatan, Kamis (18/9). Skuad ”Merah Putih” mengulangi kenangan indah 1986 saat terakhir kali lolos dari babak grup.


Itu adalah kali kedua Indonesia berpesta gol ke gawang lawan. Di laga pertama melawan Timor Leste, Senin lalu, Indonesia menang tujuh gol tanpa balas.

Pelatih tim Indonesia Aji Santoso mengatakan, kerja keras pemain perlu diapresiasi. ”Pertandingan kedua ini penting karena kalau menang, kami pasti lolos ke 16 besar. Pemain di lapangan melaksanakan instruksi saya,” ujar Aji kepada wartawan Kompas, Wisnu Aji Dewabrata, di Incheon, Kamis.

Menurut Aji, pada laga melawan Thailand, ia bakal merotasi pemain. ”Saya akan turunkan pemain yang belum pernah dimainkan. Saya ingin menang lawan Thailand, ini pertandingan bergengsi,” katanya.